kategori: | tgl: 05 Jul 2017

5 Fitur Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Toko Online Anda


Cara menghasilkan uang dari bisnis online ada beragam, salah satunya adalah dengan berjualan online. Bagi anda yang memilih jualan online sebagai sarana anda untuk meraih pendapatan, tentu saja anda harus mengetahui caranya meningkatkan omzet dari website toko online anda. Karena semakin hari setiap pelaku bisnis online shop semakin berlomba-lomba untuk meningkatkan layananannya, anda yang memiliki toko online juga perlu melakukan peningkatan agar toko online anda dipercaya konsumen dan semakin banyak pembeli yang datang. Jika anda masih pemula dan ingin belajar berjualan online, anda dapat memulainya hanya dengan media sosial dan platform e-commerce seperti Tokopedia maupun Bukalapak. Bagi anda yang sudah mulai memasuki tahap professional, memiliki website online shop tersendiri akan sangat bermanfaat untuk branding dan menjaga loyalitas konsumen anda. Baca juga: Apakah Anda Benar-Benar Memerlukan Website Toko Online Sekarang? Karena masih tergolong baru, banyak orang yang memiliki toko online yang belum tahu bahwa hanya sekedar membangun toko online saja tidaklah cukup untuk dapat mengembangkan bisnis. Harus ada langkah-langkah kongkrit yang dilakukan agar website toko online anda mampu menjual dengan efektif dan memiliki lebih banyak pembeli, salah satu caranya adalah dengan memudahkan pengunjung untuk melakukan pembelian. Untuk itu anda memerlukan beberapa fitur agar online shop anda lebih efektif lagi, simak di bawah ini:

1. Shopping Cart Tanpa Perlu Registrasi

Pada umumnya setiap online shop memiliki fitur shopping cart yang memungkinkan pengunjung untuk membeli barang yang ditawarkan di website toko online tersebut. Hal ini merupakan standard bagi sebuah website untuk bisa disebut toko online. Masalahnya adalah karena banyak sekali website toko online, masyarakat cenderung merasakan ketidaknyamanan ketika harus mendaftar berulang kali untuk berbelanja di berbagai toko online. Untuk itu salah satu tips agar memudahkan pengunjung toko online anda membeli produk, buatlah fitur shopping cart yang tidak mewajibkan pengunjung untuk daftar terlebih dahulu untuk dapat bertransaksi. Asal anda tahu saja, sebenarnya banyak orang Indonesia sebenarnya lebih menyukai transaksi yang cepat dan tidak bertele-tele seperti menggunakan WhatsApp atau bahkan BBM. Namun agar bisnis online anda tetap otomatis serta dapat menjual lebih efektif, saran kami adalah dengan mengambil jalan tengah dimana pengunjung dapat bertransaksi namun juga tidak perlu mendaftar di website toko online anda.

2. Chat Online

Sebelum membeli, biasanya banyak orang yang suka bertanya-tanya terlebih dahulu kepada penjualnya. Hal ini sangat baik untuk interaksi antara pembeli dan penjual agar kepercayaan dapat terpupuk dengan baik di kedua belah pihak. Karena itulah fitur chat di website toko online sangat penting untuk ditampilkan. Walaupun anda dapat pula menampilkan nomor WhatsApp atau PIN BBM anda di toko online, namun kelebihan lainnya dari fitur chat online adalah pengunjung tetap dapat berkomunikasi dengan penjual di toko online tersebut tanpa perlu berpindah aplikasi. Efeknya pembeli akan lebih dimudahkan.

3. Login Menggunakan Media Sosial

Pada poin nomor 1 saya menyebutkan bahwa banyak orang malas untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar dapat berbelanja. Salah satu cara mengakali hal ini adalah dengan membuat login memakai media sosial dimana sudah sebagian besar orang telah menggunakan media sosial seperti facebook maupun twitter. Dengan menggunakan fitur ini, pemilik online shop dapat mengidentifikasi penjualan dan pembeli, yang berefek pada kemudahan untuk berkomunikasi lebih lanjut mengenai layanan purna jual, promo, maupun info-info dari toko online anda.

4. Sistem Pembayaran Terintegrasi

Saat ini e-commerce dan bisnis online sudah sangat maju, namun payment gateway masih terasa sebagai mahluk asing karena jarang digunakan. Begitu juga dengan kartu kredit, hanya sedikit orang kelas menengah ke atas saja yang memilikinya. Agar online shop anda memudahkan pembayaran ada baiknya anda menggunakan beberapa sarana pembayaran yang mengakomodir setiap pembeli yang ingin berbelanja. Jika barang yang anda jual merupakan produk untuk segmen menengah ke atas, ada baiknya menerima pembayaran lewat kartu kredit juga.

5. Tampilan Testimoni Yang Natural

Memiliki online shop secara independen berarti anda sebenarnya dapat bebas membuat halaman testimoni pembeli sendiri. Akan tetapi jaman sekarang pembeli sudah semakin pintar dan bisa jadi ketika mereka melihat halaman testimoni yang anda buat, mereka akan merasa itu cuma promosi sepihak saja dari anda. Karena itu, jalan terbaik untuk menampilkan testimonial adalah lewat media sosial karena testimonial dari medsos akan terlihat lebih natural dan tidak dibuat-buat. Demikianlah 5 fitur online shop yang dapat anda kembangkan untuk meningkatkan pelayanan pada website online shop anda. Semoga membantu!



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #bisnis online #jualan online #Tips #toko online