kategori: | tgl: 18 Feb 2017

5 Tanda Yang Menunjukkan Kesuksesan Sebuah Blog


Jika anda berkecimpung di dunia blogging untuk menghasilkan uang dari internet, tentu saja anda akan berharap blog anda berhasil dan disukai banyak orang. Semakin populer dan mendatangkan pengunjung, maka potensi penghasilan anda akan semakin besar. Untuk mengetahui seberapa baik peluang blog anda agar bisa sukses, anda perlu memasang kode analytics (bisa pakai Google Analytics atau histats) dan mengetahui sedikit mengenai cara membaca laporan statistik pengunjung blog anda. Berikut ini adalah 5 ciri khas blog yang menunjukkan keberhasilan sebuah blog:

1. Pengunjung Yang Datang Kembali

Mengapa orang mengunjungi blog anda berulang kali? Tentu saja karena ada informasi yang bernilai yang ingin mereka baca. Apabila anda melihat jumlah pengunjung blog anda yang kembali (returning visitor) tinggi, ini merupakan kabar baik. Jika blog anda disukai oleh pengunjung manusia, kemungkinan besar juga blog anda akan disukai oleh search engine bot. Artinya dari segi SEO bisa jadi blog anda akan memiliki peringkat strategis untuk keywords tertentu.

2. Rasio Pentalan Dan Durasi Sesi Rata-Rata

Rasio pentalan merupakan persentasi yang menggambarkan seberapa banyak pengunjung blog anda yang hanya mengunjungi 1 halaman blog dan kemudian hengkang ke website lain. Jadi semakin kecil rasio pentalan pada laporan analytics blog anda, berarti semakin banyak pengunjung nggak langsung ngacir setelah membuka satu halaman saja. Artinya? Informasi di blog anda banyak dan menarik pengunjung untuk membuka halaman lainnya. Kalo durasi sesi rata-rata menunjukkan apa? Durasi sesi rata-rata adalah waktu yang diluangkan oleh pengunjung di dalam blog anda. Semakin besar durasi sesi rata-rata artinya pengunjung anda betah berlama-lama di blog anda. Bisa juga menjadi sinyal bahwa artikel dalam blog anda memiliki informasi yang bernilai tinggi.

3. Pengikut Blog

Sederhana aja, semakin banyak pengikut blog anda artinya banyak orang yang berharap untuk bisa melihat postingan blog anda yang terbaru. Artinya mereka ketagihan dengan posting blog yang anda buat. Jumlah pengikut blog ini seperti sudah standard de fakto kualitas blog yang memiliki kaitan dengan jumlah pengunjung blog juga.

Blog yang sudah sangat digandrungi biasanya memiliki pengunjung yang ingin membagikan postingan blog tersebut kepada teman-temannya di sosial media. Semakin banyak jumlah share, tentunya akan semakin baik dampaknya bagi blog anda, apalagi kalo jadi trending topic atau viral topic. Backlink juga mirip-mirip, walaupun mungkin jumlah orang yang menaruh backlink yang mengarah ke blog anda pastinya akan lebih sedikit ketimbang orang yang share. Ketika ada yang memberikan backlink ke blog anda maka anda juga akan mendapatkan keuntungan dari segi SEO.

5. Komentar Pengunjung

Ciri terakhir bahwa blog anda disukai pengunjung adalah dengan melihat jumlah komentar pada posting blog anda. Walaupun komentar banyak yang disisipi oleh spam, namun alat ukur ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Adanya komentar yang valid berarti adanya interaksi antara pengunjung blog dengan pengelolanya. Jika admin blog tersebut rajin-rajin berinteraksi dengan pengunjung blognya, maka kemungkinan besar, si pengunjung akan menjadi pembaca setia atau setidaknya akan mengunjungi blog anda beberapa kali karena merasa dihargai juga. Untuk mengetahui komentar yang berkualitas, blogger perlu juga untuk sedikit berhati-hati memilah komentar, karena di era ini banyak sekali orang yang ingin menyebarkan link lewat spam di kolom komentar blog orang lain. Jika anda merasa memiliki 5 ciri-ciri kualitas blog diatas, maka anda boleh berbangga hati karena blog anda termasuk ke dalam blog yang sukses menurut saya. Semoga anda dapat terus berkarya dan meningkatkan kualitas blog anda.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #bisnis online #blogging #Info #tips blogging #tutorial blog #tutorial blogging