kategori: unik, fakta, | tgl: 25 Jun 2019

7 Fakta Menarik Tentang Kondisi Ekonomi Saudi Arabia


Negara Arab Saudi mendapatkan kekayaan ekonominya melalui penjualan dan eksport produk minyak bumi, negara ini sendiri merupakan produsen minyak bumi terbesar kedua di dunia.

Dilihat dari peringkat PDB tahunannya, negara kerajaan Arab Saudi menempati urutan ke dua puluh dari seluruh bangsa di bumi.

Simak 10 fakta menarik dari ekonomi Arab Saudi.

ladang minyak arab saudi

1. Arab Saudi Merupakan Rumah Dari Perusahaan Paling Menguntungkan Di Dunia

Pada tahun 2018, Saudi Aramco berhasil membukukan keuntungan sebesar 111 milyar Dollar AS yang dinilai sebagai keuntungan terbesar di dunia yang pernah diraih oleh sebuah perusahaan.

Keuntungan bersih yang menumpuk dari perusahaan minyak negara ini lebih tinggi dibandingkan dengan keuntungan dari perusahaan teknologi seperti Alphabet, Apple dan Amazon digabungkan jadi satu.

Selama bertahun-tahun perusahaan Saudi Aramco melakukan tarik ulur untuk menjadi perusahaan terbuka. Setelah membuat banyak investor tertarik dan mengumpulkan nilai investasi sebesar 100 milyar Dollar AS pada simulasi penawaran harga sahamnya, ternyata IPOnya ditunda.

2. Arab Saudi Memiliki Tingkat Pengangguran Yang Cukup Parah

Walaupun kaya raya, banyak penduduk negeri ini yang tidak mendapatkan pekerjaan mendasar. Dengan jumlah sekitar 2 juta penduduknya yang tidak memiliki pekerjaan, tingkat pengangguran Arab Saudi mencapai 12.9% dari total keseluruhan penduduknya. Walaupun begitu banyak orang dari luar negeri mendapatkan pekerjaan di bidang minyak dan gas dari negara ini. Mungkin penduduk disana tidak qualified ya untuk mengerjakan ladang minyaknya sendiri.

3. Minyak Bumi Baru Ditemukan Pada Tahun 1938 Di Arab Saudi

Cukup mengejutkan, ternyata cadangan minyak bumi terbesar kedua di dunia baru ditemukan disana pada tahun 1938. Awalnya cadangan minyak bumi tersebut ditemukan oleh para pencari minyak yang bekerja untuk Standard Oil (perusahaan minyak bumi yang didirikan oleh John D Rockefeller). Perusahaan Standard Oil kemudian mengoperasikan produksi minyak Arab Saudi hingga tahun 1980 sebelum perusahaan tersebut diambil alih oleh keluarga Kerajaan Arab Saudi. Saat ini eksport produk minyak bumi merupakan sembilan puluh persen komponen pembentuk kekayaan negara ini.

Monarki Kerajaan Arab Saudi sendiri baru berdiri pada tahun 1932 dan selama 9 dekade setelah berdirinya, kerajaan ini telah tumbuh menjadi salah satu kerajaan yang paling kaya di dunia.

4. Arab Saudi Memiliki Cadangan Kekayaan Alam Senilai 34 Triliun Dollar AS

Wow, gila ya sobat bisnis. Selain memiliki dua puluh persen cadangan minyak bumi yang diketahui oleh manusia, wilayah negara Arab Saudi juga kaya akan logam-logam seperti tembaga, perak, fosfat dan kekayaan alam lainnya. Diperkirakan cadangan kekayaan alam milik negara ini mencapai 34 triliun Dollar AS.

5. Peringkat PDB Arab Saudi Menempati Urutan Keempat Dari Negara-Negara Timur Tengah

Banyak orang salah mengira bahwa negara timur tengah terkaya adalah Arab Saudi. Padahal jika dilihat dari pendapatan kotor per kapita, Arab Saudi masih tertinggal di belakang Qatar, Kuwait dan Uni Emirat Arab.

Contoh sederhananya bisa dilihat dari PDB Qatar yang mencapai 129.700 Dollar AS per tahun, sedangkan PDB Arab Saudi hanya mencapai 54.100 Dollar AS per tahunnya.

6. Arab Saudi Memiliki Peternakan Sapi Perah Terbesar Di Dunia

Berkat ekonominya yang berlandaskan minyak, Arab Saudi bisa maju dalam bidang lainnya seperti peternakan dan agrikultur. Peternakan Al Marai di Arab Saudi dipercaya sebagai produsen susu sapi terbesar di dunia. Sekitar 95 ribu sapi perah ditempatkan disana dan menghasilkan 1 milyar liter susu setiap harinya.

Seimbang lah ya sobat bisnis, selain produsen cairan hitam (minyak), negara ini juga produsen cairan putih (susu).

7. Cadangan Minyak Arab Saudi Bisa Mengisi Jutaan Kolam Renang Ukuran Olimpiade

Buat kalian yang ingin tau seberapa banyak cadangan minyak Arab Saudi, silahkan bayangkan angka-angka ini.

1 barel minyak = 117 liter minyak

Cadangan minyak di salah satu ladang minyak bernama Ghawar menyimpan 75 milyar barel minyak bumi.

Jika dihitung, bisa untuk mengisi sekitar 4.7 juta kolam renang ukuran olimpiade, sobat bisnis! Banyaknya nggak ketulungan, pantes aja kaya raya.

Begitulah beberapa fakta menarik tentang kondisi ekonomi Arab Saudi, sobat bisnis.

Arab Saudi memiliki sejarah panjang yang kaya, kemajuan ekonominya di era 21 saat ini juga semakin meningkatkan kemakmuran rakyatnya, meningkatkan hak-hak wanitanya, serta meningkatkan taraf pendidikan dengan semakin banyaknya universitas ternama disana.




Tagar: #fakta unik #fakta menarik #ekonomi saudi arabia #fakta saudi arabia