kategori: | tgl: 01 Jul 2017

Analisa Bisnis Gerai Minuman


Bisnis gerai minuman, baik itu bubble tea, franchise thai tea, gerai minuman coklat/kopi sampai dengan liang teh seringkali kita temui di pusat perbelanjaan dan pusat bisnis mulai dari booth yang kecil dan sederhana hingga booth yang terlihat megah, tergantung dari lokasi usahanya. Sepertinya usaha ini sangat menarik dan tidak pernah berhenti dilakoni oleh banyak orang. Walaupun sepertinya bisnis ini tergolong ke dalam bisnis musiman yang mengandung resiko cukup tinggi (terbukti dari tren cappucinno cincau yang cuma seumur jagung).

Apa saja yang dibutuhkan untuk mulai usaha gerai minuman seperti bubble tea, thai tea, gerai minuman coklat/kopi?

Hal utama yang perlu anda tentukan sebelum terjun ke bisnis gerai minuman ini adalah target market anda. Tentu saja anda perlu melakukan riset terlebih dahulu untuk memprediksi seberapa besar pangsa pasar yang anda bidik, sehingga anda dapat menentukan tipe outlet apa yang kira-kira paling diminati dan seberapa besar budget yang harus anda keluarkan untuk menjalani peluang usaha gerai minuman ini. Lokasi Usaha Berkaitan Dengan Pangsa Pasar Jika lokasi usaha anda dekat dengan kampus/sekolah/mall: target market anda tentu saja anak-anak muda, jadi anda mungkin saja memiliki peluang sukses lebih besar apabila menjual jenis minuman seperti bubble, thai tea, coklat sampai dengan es teh manis. Harga yang anda tawarkan untuk minuman yang anda jual harus menyesuaikan budget anak sekolah yang biasanya tidak terlalu tinggi. Walaupun ada juga kemungkinan untuk membuat outlet yang megah, dengan tempat nongkrong seperti kafe pada umumnya, anda harus perhitungkan matang-matang karena sudah banyak contoh nyata seperti sevel yang mengalami kebangkrutan karena salah memperhitungkan pangsa pasar dan daya beli. Anak sekolahan/kuliahan cenderung nongkrong berlama-lama namun tidak terlalu banyak berbelanja, menurut opini saya pribadi lebih cocok berjualan minuman memakai booth kecil jika memang menyasar anak sekolahan/kuliahan sebagai pembeli. Jika lokasi usaha anda dekat dengan perkantoran/pusat bisnis: target market anda tentu saja orang dewasa muda, jadi kemungkinan lebih bagus membuka usaha seperti warung kopi dengan tempat yang nyaman untuk berdiskusi. Biasanya orang dewasa muda telah memiliki pekerjaan dan memiliki daya beli yang lebih tinggi. Apabila anda menyediakan outlet dengan tempat duduk yang nyaman, pembeli dari kategori dewasa muda dapat membayar lebih mahal untuk minuman dan makanan yang anda jual. Hal yang penting yang harus selalu diingat adalah ketika anda menyediakan tempat untuk nongkrong, sudah sewajarnya anda menjual minuman/makanan yang lebih mahal karena disesuaikan dengan target penjualan. Semakin nyaman dan prestisius outlet yang anda buat, semakin mahal minuman/makanan yang anda sediakan untuk pembeli.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #bisnis gerai minuman #franchise thai tea #peluang usaha minuman #Tips #usaha es teh manis #usaha minuman es #usaha teh bubble