08 Feb 2016

Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Affiliate Marketing


Sebenarnya apabila anda berpikir bahwa bisnis tanpa modal itu benar-benar ada, kemungkinan besar anda salah. Karena yang namanya bisnis pasti memiliki modal walaupun itu hanya waktu dan tenaga. Memang yang namanya modal tidak selalu harus dalam bentuk uang atau aset, bisa juga pemikiran yang dituangkan dalam bentuk tulisan di website dapat menjadi modal utama anda untuk menghasilkan uang dari internet. Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet lewat tulisan? Langkah-langkahnya cukup mudah, namun memerlukan waktu, ketekunan, pemikiran dan kesabaran anda. Dengan membuat website yang mempromosikan produk-produk yang ditawarkan oleh lewat affiliate marketing, anda bisa mendapatkan komisi penjualan setiap kali mereferensikan penjualan lewat website atau blog anda. Apa itu Affiliate Marketing? Dengan bahasa sederhana, affiliate marketing adalah sejenis pemasaran online dimana orang biasa dapat ikut membantu menjual produk dan mendapatkan komisi. Ada tiga pihak yang bekerja sama dalam affiliate marketing, antara lain:

  1. Pemilik produk atau advertiser
  2. Jaringan affiliasi atau affiliate network
  3. Pemasar produk atau affiliate marketer

Cara kerja affiliate marketing Pemilik produk (advertiser) setuju untuk menjual produknya lewat jaringan affiliasi (affiliate network) dan bersedia membayar komisi dalam jumlah tertentu. Kemudian jaringan affiliasi menempatkan produk beserta link dan materi promosi di website mereka agar para affiliate marketer dapat mengaksesnya dan mulai membantu pemasarannya di internet. Ketika terjadi penjualan atau lead (action tertentu seperti registrasi) maka jaringan affiliate akan mengkalkulasi jumlah komisi yang harus diterima oleh affiliate marketer. Cara mendapatkan uang dari affiliate marketing kira-kira seperti ini:

  1. Mendaftar di website yang menawarkan komisi affiliasi. Contohnya ada banyak, seperti layanan web hosting, accesstrade, lazada, dll. Anda juga bisa mengetikkan kata kunci “affiliate program indonesia” di google jika ingin mencari lebih luas.
  2. Cari produk pada website affiliasi tersebut dan buat sebuah blog gratis yang bertemakan produk affiliasi yang sebelumya telah anda pilih.
  3. Isi konten pada blog anda dengan seksama. Isikan sedetail mungkin agar pengunjung blog anda mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya dan tertarik untuk membeli produk affiliasi tersebut lewat blog anda. Anda juga dapat menggunakan teknik-teknik internet marketing seperti sales letter yang baik, landing pages, dll agar lebih optimal.
  4. Promosikan blog anda di media sosial, forum, iklan baris gratis, dan lewat blog walking. Untuk tutorial detail mengenai promosi blog, silahkan baca posting Cara Meningkatkan Traffic Blog.

Selesai sudah. Sangat mudah kelihatannya, namun pada kenyataannya 4 langkah diatas cukup memakan waktu. Jika anda sudah berhasil menjual sebuah produk dengan 4 langkah diatas, selanjutnya anda hanya perlu mengulang langkah diatas dengan membuat blog gratisan lainnya namun isinya mempromosikan produk berbeda. Biasanya cara mendapatkan uang dari internet dengan blog gratisan dan affiliate marketing ini memakan waktu hingga 4-6 minggu per blognya. Jumlah penghasilan yang akan anda terima tergantung pada produk affiliasi yang anda tawarkan dan seberapa banyak anda berhasil menjualnya. Affiliate marketing dengan blog gratisan ini akan membutuhkan banyak pemikiran pada saat anda perlu menciptakan konten untuk mengisi blog anda. Jika anda memiliki modal, anda bisa saja membeli jasa penulis artikel untuk blog anda, namun saya asumsikan anda ingin cara menghasilkan uang yang benar-benar gratis.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #bisnis dari rumah #bisnis internet #bisnis online #bisnis online tanpa modal #cara mendapatkan uang dari internet #Info