kategori: | tgl: 06 Jul 2017

Cara Membeli Nama Domain Untuk Website


Nama domain merupakan elemen penting agar website anda dapat diakses dengan mudah di internet. Bagi anda yang ingin memiliki sebuah website, sebelumnya anda harus menentukan nama website yang ingin anda daftarkan terlebih dahulu. Baru setelah itu anda dapat membeli hosting untuk menaruh semua file website anda. Biasanya nama domain dapat anda daftarkan pada sebuah domain registrar, tetapi ada juga penyedia layanan hosting yang menjual paket domain dan hosting sekaligus. Karena berpengaruh terhadap bisnis dan brand yang anda miliki, nama domain harus benar-benar dipilih agar kegiatan branding untuk bisnis anda dapat berjalan mulus. Berikut ini adalah tips-tips bagi anda yang ingin membeli nama domain:

1. Tentukan apakah anda ingin nama domain yang sesuai dengan brand bisnis anda atau nama domain yang memudahkan dari segi SEO

Contoh 1: Jika anda ingin berjualan baju muslim secara grosir dan tidak membutuhkan brand tertentu maka nama domain yang cocok untuk website anda misalnya, resellerbajumuslim.com, grosirbajumuslim.com, dropshipbajumuslim.com. Intinya adalah menambahkan kata kunci yang relevan dengan bisnis anda pada nama domain. Semakin relevan maka peluang bagi website anda untuk muncul di halaman satu mesin pencari akan semakin besar. Contoh 2: Jika anda sudah memiliki bisnis baju muslim bernama Aleena, anda dapat mendaftarkan nama domain seperti aleenaboutique.com, butikaleena.com atau bajumuslimaleena.com

2. Anda dapat menggunakan beberapa alternatif extensi domain jika nama domain dengan extensi .com tidak tersedia (sudah didaftarkan oleh orang lain)

Apabila anda menargetkan calon pengunjung dari Indonesia, alternatif paling baik setelah ekstensi domain .com adalah extensi .co.id maupun .id karena extensi domain ini dibuat khusus untuk negara Indonesia. Catatan: Untuk mendaftarkan nama domain yang memiliki ekstensi .co.id anda memerlukan dokumen perusahaan. Jika anda belum memiliki dokumen perusahaan anda bisa saja meminjam dari kerabat atau teman anda dengan seijin mereka terlebih dahulu. Sebisa mungkin gunakanlah nama domain dengan akhiran .com karena ekstensi ini paling populer dan paling diingat oleh pengguna internet di seantero dunia.

3. Pilihlah nama domain yang mudah diingat

Tentu saja jika anda memilih untuk menggunakan nama domain yang mengandung kata kunci, nama domain tidak bisa dibuat pendek. Untuk mengatasi hal ini anda perlu menemukan keseimbangan antara jumlah kata dan keunikan nama domain tersebut. Biasanya batas maksimal hanya 3 kata kunci saja yang boleh dipergunakan agar nama domain anda mudah diingat namun juga bagus dari segi SEO. Setelah menemukan nama domain yang paling pas dengan selera anda, langsung daftarkan nama domain tersebut di registrar atau di penyedia layanan web hosting yang anda percayai. Semoga membantu anda.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #bisnis online #cara bisnis online #cara membuat website #panduan bisnis online #Tips #tutorial bisnis online