kategori: | tgl: 19 Mar 2016

Cara Membuat Blog Wordpress Self Hosted Di cPanel


Blog atau website wordpress self hosted adalah blog/website pribadi yang memakai CMS (Content Management System) Wordpress sebagai mesin utama untuk menampilkan dan mengatur berbagai konten (artikel, gambar dan link) di dalamnya. Blog/website wordpress self hosted memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan blog wordpress yang dibuat di wordpress.com diantaranya adalah:

  1. Anda boleh menayangkan iklan
  2. Anda bisa menambahkan plugin
  3. Anda dapat lebih leluasa mengatur tampilan, konten, dsb.

Tidak seperti blog wordpress gratisan yang dibuat di wordpress.com, blog/website wordpress self hosted membutuhkan domain dan hosting yang sebagian besar berbayar (ada juga hosting dan domain gratis, namun tidak disarankan untuk keperluan bisnis online). Cara pembuatan blog/website wordpress self hosted juga berbeda dengan wordpress gratisan, jika di wordpress.com anda hanya perlu mendaftarkan diri dan langsung membuat blog, pada wordpress self hosted anda perlu melewati beberapa langkah yang juga cukup mudah.

Login Ke Dalam cPanel anda

Untuk membuat blog wordpress self hosted, tentu saja anda perlu meng-installnya di dalam hosting anda sendiri. Namanya juga self hosted (di-host secara mandiri). Saya asumsikan anda memakai shared hosting dengan cPanel yang memiliki fitur Softaculous untuk memudahkan pembuatan blog wordpress. Jadi langkah pertamanya sangat sederhana, anda hanya perlu login ke dalam cPanel anda di http://www.nama-domain-anda.com/cpanel. halaman-dashboard-cpanel Kemudian klik pada icon Wordpress pada tabel Softaculous Apps Installer. Scroll ke bawah, biasanya icon ini ada di bagian paling bawah. klik-pada-bagian-softaculous-wordpress Anda akan diarahkan ke halaman instalasi Wordpress lewat fasilitas Softaculous. Klik pada tab “Install”.

Isi Data Untuk Blog Anda

isi-data-blog-wordpress-1 Pilih “http://www." pada pilihan choose protocol. Disini saya asumsikan anda tidak memiliki fitur https:// karena anda baru saja ingin memulai blogging. Kemudian anda dapat memilih domain anda. Anda dapat langsung melewati pilihan ini karena biasanya domain anda akan secara otomatis terpilih. isi-data-blog-wordpress-2 Pada bagian Site Settings anda dapat langsung mengisi judul blog anda dan deskripsi blog anda. Pastikan anda tidak mencentang pilihan Enable Multisite (WPMU), karena fitur ini ditujukan untuk blogger yang sudah mahir. Isi username, password dan email anda pada bagian Admin Account. Pada bagian Choose Language anda dapat memilih Bahasa Indonesia, saya sendiri lebih memilih bahasa Inggris karena terlihat lebih keren :) isi-data-blog-wordpress-3 Selanjutnya ada kolom isian Select Plugin. Saya sarankan untuk tidak mencentang pilihan apapun. Kemudian lewati pilihan themes, lalu segera klik tombol Install pada bagian paling bawah halaman. klik-tombol-install Selesai sudah cara membuat blog wordpress self hosted. Sekarang anda dapat langsung login dan mengisi posting pertama anda atau melakukan pengaturan untuk themes dan pluginnya terlebih dulu. Modal awal anda untuk melakukan bisnis online sudah terpenuhi. Untuk dapat login ke halaman admin wordpress anda, silahkan kunjungi http://www.domain-anda.com/wp-admin. Masukkan username dan passwordnya, kemudian klik tombol login.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #bisnis online #cara membuat blog #cara membuat website #Tips #tips bisnis online #tips blogging #tutorial blogging