kategori: | tgl: 16 Aug 2017

Cara Mempromosikan Usaha Lewat Facebook


Bisnis7.com - Sobat bisnis7 dimanapun Anda berada saat ini media sosial facebook memang menjadi tempat yang sangat digemari oleh para pengguna internet baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, maupun orang tua. Dan hampir pada setiap harinya, orang-orang mengakses situs jejaring sosial ini melalui perangkat seluler maupun komputer mereka. cara mempromosikan usaha lewat facebook Dari semakin maraknya para pengguna facebook, ternyata membuat ide baru bagi para pelaku bisnis untuk mempromosikan usaha mereka. Media sosial yang akrab disebut “fb” ini memang menawarkan berbagai macam fitur salah satunya adalah facebook ads. Fb ads adalah sebuah fitur beriklan yang ditawarkan bagi para pengguna  fb untuk mempromosikan usaha mereka. Untuk sistem kerjanya, umumnya fb ads ini akan melakukan penyebaran iklan secara luas terhadap halaman (fan page) fb bisnis Anda, dengan tujuan agar halaman (fan page) bisnis banyak diketahui oleh para pengguna fb.

Cara mempromosikan usaha lewat facebook

  1. Memiliki akun fb : agar lebih mudah mengakses fb ads pastinya Anda harus memiliki akun fb terlebih dahulu.
  2. Kunjungi fb ads : Setelah Anda memiliki akun fb, maka Anda bisa langsung mengakses fb ads melalui url link berikut [wpsm_hidelink text=“Facebook Ads” link=“https://www.facebook.com/business/products/adshttp:/"]
  3. “Anda bukan penggurus fanpapage manapun” = Jika Anda mendapapati dialog teks seperti ini, ini artinya Anda harus terlebih dahulu membuat halaman (fan page) terkait bisnis Anda.

cara mempromosikan usaha lewat facebookKetika Anda telah memiliki sebuah fanpage, maka Anda akan ditawarkan 3 jenis iklan fb ads. Seperti ;

  1. Get More Page Likes (iklan berupa judul, teks, gambar yang bisa Anda buat sendiri),
  2. Promote Page Posts (iklan yang ditampilkan berdasarkan kegiatan terbaru fanpage fb) dan
  3. Advanced Options (Anda bisa dengan bebas menentukan dimana iklan itu akan tampil, dan bisa memilih opsi pembayaran atas iklan tersebut).

Setelah menentukan jenis iklan yang Anda pilih, selanjutnya adalah menentukan target iklan yang sudah Anda buat. Buatlah target iklan berdasarkan kategori bisnis Anda, Anda bisa melakukan penyesuaian iklan dengan cara mensortir berdasarkan umur, gender, dan juga minat.

Pada tahap terakhir untuk mempromosikan usaha atau bisnis Anda. Disini Anda sebagai pengiklan diwajibkan untuk memberikan nama bagi kampanye dan iklan yang telah Anda buat. Setelah itu Anda juga harus merancang jadwal iklan untuk ditayangkan. Jika semua tahap sudah selesai, maka Anda sebagai pengiklan jangan lupa untuk menulis jumlah budget iklan yang akan sudah Anda keluarkan perharinya. Perhatikan ilustrasi berikut dibawah ini : Anda (pegiklan) memiliki jumlah budget sebesar 100$, dari jumlah budget ini Anda bisa menghabiskan 10$ untuk masa iklan selama 10 hari. Sekedar nilai tambah dan mengingatkan kepada Anda, bahwa dalam mempromosikan iklan melalui fb ads terdapat dua metode pembayaran yang disediakan seperti CPM (cost per mille, which is cost per 1000 impressions) yang artinya adalah harga iklan yang berlaku disini yaotu harga per 1000 kali penayangan iklan. Sedangkan metode lainnya yaitu  CPC (cost per click). CPC adalah harga yang telah disesuaikan dari  jumlah klik yang sudah dilakukan oleh para pengguna facebook. Cukup sudah informasi yang dapat bisnis7 sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di informasi bisnis menarik lainnya.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #bisnis online #Tips