kategori: | tgl: 06 Jan 2017

Cara Mendapatkan Uang 1 Milyar Dalam Waktu Setahun Dengan AdSense


Apakah anda seorang blogger yang sudah menggunakan layanan Google AdSense? Jika ya, mungkin anda akan tertarik dengan judul artikel diatas, yakni “Cara Mendapatkan Uang 1 Milyar Dalam Waktu Setahun Dengan AdSense”.

Judul artikel ini memang terlihat bombastis, dan mungkin akan membuat anda bertanya-tanya terlebih dahulu, apakah mungkin mendapatkan uang 1 milyar dari AdSense dalam waktu setahun dengan blogging.

Faktanya bisa. Dan sudah banyak blogger yang membuktikan bahwa hal ini sangat mungkin.

Sekarang pertanyaan yang sesungguhnya adalah berapa banyak pengunjung blog yang harus anda dapatkan untuk mendapatkan uang 1 milyar dari Google AdSense.

Walaupun kita semua tidak dapat memprediksi pendapatan AdSense secara langsung, kita dapat mengoptimalkan penayangan iklan dengan beberapa cara maupun meningkatkan pengunjung blog secara masif agar mendapatkan penghasilan AdSense yang diinginkan.

Niche Blog Anda Harus Memiliki Nilai Klik Yang Tinggi

Sebelum lebih lanjut membahas cara mendapatkan uang 1 milyar dari AdSense, anda harus memastikan bahwa blog yang akan anda buat memiliki topik yang komersil serta memiliki banyak potensi untuk mendapatkan iklan dengan nilai per klik yang besar.

Anda dapat menggunakan keyword planner dan tools-tools keyword diluar sana baik yang berbayar maupun yang gratis untuk mencari topik blog terbaik dengan nilai bayaran per klik yang tinggi.

Saya sendiri sudah cukup dengan menggunakan tools gratis dari Google, yaitu AdWords Keyword Planner.

Bagi anda yang pemula, baca: Panduan Lengkap Cara Mendapatkan Uang Dari AdSense Dengan Blogging

Cara mengakses AdWords Keyword Planner: Login AdWords terlebih dulu, lalu klik menu Tools > Keyword Planner

Cara menggunakan AdWords Keyword Planner: klik pada menu “Get search volume data and trends”, kemudian isikan topik yang anda targetkan untuk blog anda.

Saya biasanya memasukkan topik berbahasa Inggris, namun anda juga dapat menggunakan bahasa Indonesia, tergantung topik apa yang ingin anda riset potensinya.

Setelah semua daftar topik yang ingin anda riset telah tertulis semua, anda dapat mengatur targetingnya agar lebih akurat lagi.

Kemudian klik tombol “Get search volume”.

Bagaimana cara memilih topik blog yang memiliki nilai per klik yang tinggi?

Ada dua indikatornya, pertama adalah tingkat kompetisi yang tinggi dan kedua adalah nilai angka pada “suggested bid” yang tinggi.

Jika tingkat kompetisi pada topik blog yang anda pilih tinggi, hal itu berarti ada banyak orang yang bersaing di niche tersebut sehingga besar kemungkinan bagi anda untuk mendapatkan iklan dengan bayaran yang bagus.

Terus apa sih itu “suggested bid”? Anda dapat melihat ini di AdWords Keyword Planner. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan nilai per klik yang direkomendasikan untuk keyword yang sedang dicari. Biasanya advertiser akan memasang nilai per klik pada kisaran suggested bid tersebut.

Seperti yang anda lihat diatas, keyword atau topik catering business memiliki tingkat kompetisi medium dengan nilai suggested bid sekitar 25 ribu rupiah untuk setiap kliknya.

Keyword-keyword diatas menurut saya sendiri kurang menarik untuk diulas dalam blog karena tidak memiliki tingkat kompetisi yang tinggi walaupun nilai klik yang direkomendasikan cukup tinggi. Anda dapat mencobanya sendiri dengan keyword atau topik pilihan anda sendiri.

Berapa Banyak Traffic Yang Anda Butuhkan Untuk Mendapatkan Uang 1 Milyar Dari AdSense

Katakanlah anda bercita-cita mendapatkan uang 1 milyar dari AdSense maupun PPC alternatif selain AdSense, jika dibagi per harinya maka:

Rp 1.000.000.000 dibagi dengan 365 = Rp 2.739.800 sehari.

Jadi kira-kira anda perlu membuat:

274 halaman blog yang masing-masing menghasilkan Rp 10.000 setiap harinya.

Atau anda juga dapat membuat 548 halaman blog yang masing-masing menghasilkan Rp 5.000 per harinya.

Atau mungkin agar lebih mudah lagi, anda dapat membuat 1.096 halaman blog yang masing-masing menghasilkan Rp 2.500 per harinya.

Dari pengalaman saya selama berkecimpung di dunia blogging dan AdSense, rata-rata persentasi jumlah klik iklan untuk tiap kunjungan halaman (Page CTR) adalah sekitar 1% (mungkin saja bisa lebih, tergantung pilihan niche, penempatan iklan, dll).

Mari kita hitung jumlah pengunjung harian yang anda butuhkan dengan nilai per klik Rp 2.500 dan CTR 1% untuk tiap halamannya.

Dari target Rp 1 milyar berarti anda membutuhkan: Rp 1.000.000.000 / Rp 2.500 = 400.000 400 ribu klik dalam waktu setahun atau sekitar 1.100 klik tiap hari agar mencapai target pendapatan yang anda inginkan.

Dengan persentasi klik 1% untuk tiap kunjungan, berarti anda memerlukan 110.000 kunjungan tiap harinya agar mendapatkan Rp 1 milyar dari AdSense dalam kurun waktu setahun.

Perhitungannya seperti ini: Dari 110.000 pengunjung anda hanya mendapatkan 1% klik, berarti anda mendapatkan 1.100 klik tiap harinya.

Apabila nilai per klik adalah Rp 2.500, maka seharinya anda mendapatkan Rp 2.750.000,- dan jika dikalikan dengan 365 hari maka anda akan mendapatkan Rp 1.003.750.000,- Bagaimana bila nilai klik yang saya dapatkan ternyata dibawah Rp 2.500?

Berarti anda perlu berjuang mendapatkan lebih banyak traffic/pengunjung blog anda untuk mencapai target pendapatan yang diinginkan.

Misal nilai per klik yang anda dapatkan adalah Rp 1.250 maka anda perlu mendatangkan 220.000 pengunjung setiap harinya ke blog anda untuk mendapatkan Rp 1 milyar dalam setahun.

Sangat masuk akal dan kelihatan lebih dapat digapai bukan? Mulailah dari langkah kecil dan jalani dengan tekun, anda pasti bisa menggapainya.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #adsense #bisnis online #cara mendapatkan uang #cari uang di internet #Tips #tips adsense #tips blogging