kategori: | tgl: 19 Apr 2016

Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Lewat Website


Di Era teknologi informasi saat ini, penggunaan internet sangat berpengaruh terhadap bisnis. Hampir setiap perusahaan sekarang ini mengandalkan internet untuk menunjang kegiatan operasional bisnisnya. Selain itu, internet juga merupakan ladang baru bagi kegiatan marketing, dimana perusahaan dapat menempatkan informasi produk/jasa yang mereka tawarkan dan menggaet pelanggan lewat website. Invasi teknologi ini tidak dapat dihindari lagi dan membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap cara orang melakukan kegiatan bisnisnya. Misalnya saja: Dulu Yellow Pages merupakan buku wajib yang selalu dilihat orang untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan, sekarang orang lebih memilih untuk menggunakan search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dll.

Mengapa harus memiliki website?

Agar tidak tergerus persaingan, perusahaan perlu membawa bisnis mereka ke ranah online dan melakukan manuver marketing melalui website. Karena saat ini jutaan orang lebih memilih untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di internet. Dengan adanya website, perusahaan akan mempermudah calon konsumennya untuk melihat informasi apapun mengenai prooduk/jasa yang ditawarkan maupun melihat profil perusahaan sehingga meningkatkan peluang perusahaan untuk meningkatkan omzet mereka.

Bagaimana strategi meningkatkan omzet lewat website

Perlu perencanaan yang matang agar sebuah website dapat memberikan hasil yang diharapkan oleh perusahaan. Biasanya hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut: Konten website - Berikan informasi yang dibutuhkan oleh orang Tujuan orang mengakses internet adalah untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Untuk itu anda perlu memprediksikan hal-hal apa saja dalam bisnis anda yang kira-kira dibutuhkan dan dicari oleh orang. Setelah mendapatkan gambarannya anda dapat merincikan hal-hal tersebut berupa konten di website anda. - Optimalkan konten untuk target market Penulisan yang baik untuk setiap konten di website anda juga akan menambah peluang untuk mencetak pengunjung menjadi konsumen anda. Namun bukan berarti anda harus menulis segala sesuatu di website anda dengan formal, karena konten harus sesuai dengan target market anda. Apabila anda menyasar calon konsumen yang berusia muda, konten dengan bahasa gaul mungkin saja dapat lebih efektif dibandingkan dengan bahasa baku yang cenderung membuat bosan. Sangat disarankan untuk menciptakan konten yang sesuai untuk target market yang anda inginkan. Desain Saat mengakses informasi yang mereka butuhkan, biasanya pengunjung secara tidak langsung juga akan menilai desain setiap website yang mereka kunjungi. Tak jarang para pengguna internet akan langsung beralih dan mencari sumber informasi lain apabila mereka merasa bahwa desain website dikunjungi tidak cukup memberikan kesan kuat bahwa website tersebut kredibel. Karena alasan-alasan tersebut, desain merupakan elemen penting pada website yang akan membuat pengunjung betah serta meyakinkan pengunjung bahwa bisnis anda dapat dipercaya. Implementasi desain yang tepat juga akan membantu pengunjung anda untuk mengakses informasi dengan lebih mudah. Misalnya saja desain website responsif akan mempermudah para pengunjung yang menggunakan smartphone untuk mengakses website anda. Optimalkan Performa Website Para pengguna internet selalu menuntut kecepatan akses agar mereka tidak terlalu lama menunggu pada saat ingin membuka website anda. Untuk itu optimasi performa website akan berpengaruh langsung terhadap jumlah pengunjung website. Walaupun persoalan kecepatan loading website memang bergantung juga pada bandwith si pengguna, melakukan optimasi performa website merupakan investasi penting untuk jangka panjang.

Jumlah Pengunjung Website

Tujuan dari strategi internet marketing adalah peningkatan jumlah pengunjung (traffic) ke dalam website anda. Semakin banyak jumlah pengunjung yang datang tiap harinya, maka peluang anda untuk mengkonversi kunjungan tersebut menjadi omzet otomatis akan semakin besar. Anda dapat menerapkan berbagai teknik untuk mendapatkan jumlah pengunjung di website anda, antara lain:

Penggunakan satu ataupun gabungan beberapa teknik internet marketing diatas dapat dilakukan selama tepat guna dan membawa website anda pada tujuan/goal (meningkatkan jumlah pengunjung, memperluas brand awareness, dll).



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #internet marketing #meningkatkan omzet #Tips #tips bikin blog #tips bisnis #tutorial website