kategori: | tgl: 10 Apr 2016

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penghasilan AdSense


Menghasilkan uang dari internet lewat AdSense memerlukan pengetahuan khusus seperti membuat konten berupa artikel maupun video. Selain hal tersebut ada juga hal yang ngga kalah penting untuk dapat meraih penghasilan AdSense secara optimal. Simak faktor-faktor yang berpengaruh pada penghasilan AdSense sebuah blog.

1. Jumlah Traffic Yang Masuk

Sudah tak perlu ditanyakan lagi kenapa hal ini bisa mempengaruhi pendapatan AdSense sebuah blog. Blogger mendapatkan klik dari pengunjung blognya, baik dari hasil pencarian organic, media sosial, referal website lain, maupun ketik url langsung. Semakin besar jumlah pengunjung yang masuk ke blog anda, maka semakin besar potensi pendapatan anda dari iklan AdSense.

2. Pemilihan Niche Blog

Tidak semua topik yang diulas oleh blog akan menghasilkan nominal per klik yang besar. Untuk itulah biasanya sebelum mulai membangun sebuah blog AdSense, seorang blogger akan melakukan pemilihan niche dan riset keyword terlebih dahulu. Jika anda memilih niche dimana ada banyak advertiser yang berani membayar mahal untuk iklan di niche tersebut, maka potensi pendapatan anda dari AdSense akan semakin besar. Bagi blogger pemula disarankan untuk memilih niche yang disukai tanpa terlalu memikirkan nilai pendapatan per klik iklannya.

3. Bahasa Yang Digunakan Dalam Blog

Google AdSense akan menampilkan iklan yang relevan dengan isi blog si publisher. Oleh karena itu, blog dengan bahasa Inggris akan berpeluang besar menampilkan iklan dari advertiser yang menggunakan bahasa Inggris. Kaitannya dengan penghasilan AdSense adalah: iklan yang menggunakan bahasa Inggris memasang bayaran yang lebih besar ketimbang bahasa Indonesia atau malah bahasa Sunda.

4. Letak Geografis Pengunjung Blog

Selain dapat mendeteksi penggunaan bahasa, Google juga akan membaca posisi pengunjung blog yang sedang melihat iklan. Hal ini bertujuan untuk dapat menampilkan iklan yang paling sesuai dan diminati oleh si pengunjung tersebut. Yang menjadikan hal ini berpengaruh terhadap pendapatan blog mirip dengan alasan bahasa. Kebanyakan advertiser yang memasang iklan untuk target market negara maju seperti Amerika, Inggris, Australia, Jerman, dll berani membayar lebih mahal dibandingkan pemasang iklan untuk target lokasi seperti Indonesia, India, Sri Lanka, dll.

5. Jenis Traffic Yang Masuk

Pengunjung yang datang ke website anda dari search engine (organic traffic) dinilai berpotensi menghasilkan nilai klik yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengunjung dari sosial media maupun dari website lain (referral traffic). Disinyalir perbedaan nilai klik ini terjadi karena pengunjung yang datang melalui mesin pencari dapat langsung terbaca minatnya. Jika anda mencari sesuatu di Google, maka hasil pencarian anda akan terekam di dalam memory yang disebut dengan cookies. Sehingga iklan AdSense akan dengan mudah menyesuaikan iklan yang tampil dengan keinginan pengunjung blog anda. Apabila pengunjung datang dari sosial media, kemungkinan mereka datang karena meng-klik iklan yang anda tampilkan disana. Iklan yang akan dimunculkan oleh AdSense kemungkinan adalah iklan re-targeting yang biasanya bernilai rendah.

6. Jenis Iklan Dan Jumlah Iklan

Sebenarnya mengenai hubungan jumlah iklan dengan seberapa besar nilai kliknya masih berupa dugaan oleh para publisher AdSense. Ada beberapa blogger yang mengklaim jika jumlah iklan yang ditampilkan kurang dari 3 unit pada sebuah halaman, maka nilai kliknya akan bertambah. Ada juga yang bilang jumlah pemasangan iklan tidak berpengaruh. Google AdSense sendiri membatasi pemasangan iklan maksimal hanya boleh 3 unit saja. Jadi mungkin saja dengan membatasi iklan anda hanya 2 atau bahkan 1 unit saja per halaman akan meningkatkan nilai untuk setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung blog. Menurut saya sendiri, jumlah iklan AdSense yang dipasang tidak berpengaruh terhadap nilai untuk setiap kliknya. Yang berpengaruh terhadap nilai per klik iklan adalah jenis iklan yang muncul di unit iklan. Selama ini saya memperhatikan bahwa unit iklan yang menampilkan gambar akan menghasilkan nilai per klik yang lebih kecil dibandingkan dengan unit iklan yang menampilkan teks.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #adsense #bisnis adsense #bisnis online #blog adsense #blog bisnis #Tips #tips adsense #tips blogging