kategori: | tgl: 28 Jul 2017

Memulai Bisnis Properti Syariah Dengan Mudah


Bisnis7.com - Memulai bisnis properti syariah dengan mudah dapat Anda lakukan dengan cara menyimak artikel ini. Bisnis properti sudah sangat populer hampir disemua kalangan, mungkin karena perkembangan bisnisnya yang saat ini semakin kian berkembang. Wajar saja jika demikian,  karena bisnis properti ini sudah masuk kedalam kategori peluang usaha yang menjanjikan. Sama hal nya dengan bisnis investasi, bisnis properti juga termasuk jenis usaha yang bisa mendatangkan peluang untung besar dimasa mendatang. Namun disamping itu, bagaimana jika kita kaitkan dengan bisnis properti syariah ? Mungkin banyak beranggapan bahwa bisnis properti dengan proses cicilan dan juga bunga,  menjadi sebuah pertanyaan bagi mereka para pelaku bisnis properti (muslim). Mereka takut karena bisnis ini bisa masuk kedalam kategori riba. Terlepas dari semua itu, mari kita simak tuntas mengenai bisnis properti yang bisa dijalankan secara syariah Investasi properti atau bisnis properti kini sudah dapat diterapkan dalam bentuk syariah. Mengapa demikian ? Karena tujuan dan inti dari sebuah bisnis/ investasi syariah adalah bagi hasil. Bagi hasil disini memliki arti yang dimana dalam pelaksanaannya menggunakan hukum-hukum syariah yang ditentukan dalam  Islam. Tanpa riba, tanpa bunga, dan tanpa adanya unsur-unsur penipuan. Maka bagi Anda yang khawatir akan adanya riba dalam sebuah bisnis properti tidak perlu takut lagi, karena Anda bisa mengambil jalan bisnis properti dengan cara syariah.

Memulai bisnis properti syariah dengan mudah

[caption id=“attachment_998” align=“aligncenter” width=“501”]cara memulai bisnis properti bagi pemula properti merupakan salah satu sarana investasi[/caption]  

  1. Temukan seorang mentor (pembimbing)

Mengapa Anda memerlukan seorang mentor ? Hal ini memiliki tujuan agar Anda mendapatkan bimbingan mengenai  jalan mana yang sebaiknya Anda tempuh. Memiliki mentor yang berpengalaman dalam syariah sangat lebih baik jika dibandingkan Anda menjalankan tanpa seorang mentor.

  1. Mencari lahan perumahan

Langkah selanjutnya adalah mncari lahan perumahan. Ketika Anda sudah memiliki mentor yang baik dalam membimbing Anda, maka segeralah untuk melakukan pencarian lahan. Anda bisa memulai mencari lokasi perumahan didaerah pusat kota atau pinggiran kota. Setidaknya lokasi tersebut bisa lebih mudah ditemukan oleh siapapun. Jangan menentukan lokasi perumahan yang  sulit dijangkau, akan tetapi carilah lokasi yang gampang orang untuk menemukannya.

  1. Mengatur soft launching perumahan syariah

Setelah Anda memiliki lahan perumahan, maka sekarang waktunya Anda untuk melakukan penerbitan sederhana. Anda bisa melakukan undangan kepada rekan-rekan bisnis Anda, selain itu Anda juga bisa sudah mulai melakukan penawaran setiap unit dari perumahan Anda.

  1. 4. Memvalidasi Calon pembeli

Setelah sukses dengan soft launching, tugas Anda selanjutnya adalah melakukan validasi calon pembeli. Disini Anda bisa mulai melakukan survei serta wawancara.

  1. Membuat perencanaan teknis

Sukses dengan melakukan validasi blm selesai, Anda masih harus melakukan pembuatan perencanaan teknis. Membuat suatu perencanaan teknis adalah hal yang tentu saja tidak bisa dilupakan, di dalam perencanaan teknis ada tools marketing seperti misalnya brosur yang akan di buat, kemudian di samping itu ada  hal-hal yang dibutuhkan untuk kegiatan lapangan seperti pembuatan fasum, rumah, perijinan, hingga hal lainnya.

  1. Build

Hampir selesai, pada langkah keenam ini tugas Anda adalah melakukan “build”. Disini Anda bertugas membuat proposal investasi, bersurat kepada calon konsumen, menyiapkan petunjuk menuju lokasi perumahan, memasang spanduk serta membuat umbul-umbul di lokasi perumahan.

  1. Konsolidasi dan persiapan.

Sampai disini tugas Anda hampir selesai, Anda harus melakukan konsolidasi dengan baik dengan beberapa pihak yang mungkin akan terlibat dalam soft launching.  Siapa saja yang hadir, siapa pelaksananya, siapa supportnya, dlsb. Selain itu persiapan juga diperlukan disini Anda harus benar-benar memastikan bahwa acara soft launching benar-benar sudah siap semua.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #bisnis properti #bisnis syariah #Info #usaha syariah