kategori: | tgl: 08 Aug 2017

Panduan Membuka Usaha Jahit (Tailor)


Bisnis7.com - Panduan usaha jahit (taylor) | Usaha yang masuk dalam kategori bisnis fashion ini memang paling banyak diminati oleh sebagian orang, khususnya para ibu rumah tangga. Namun dari fakta menunjukan bahwa usaha jahit ini, tidak hanya dilakoni oleh para kaum wanita saja tetapi kaum pria juga banyak yang menekuni usaha bidang jahit ini. panduan membuka usaha jahit Halo sobat bisnis7 dimanapun Anda berada, masih ingat bukan mengenai pembahasan lalu tentang “Peluang bisnis rumahan yang wajib Anda Coba”. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan kepada Anda tentang cara membuka usaha jahit. Karena kami yakin diantara Anda para pembaca, pasti ada yang memiliki keahlian khusus dalam bidang menjahit. Maka dari itu sangat teramat sayang apabila keahlian ini tidak dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Mengapa peluang bisnis menjahit sangat menguntungkan ? Sebagaimana kita tahu bahwa usaha jahit (taylor) ini sangat erat hubungannya dengan perkembangan fashion ditanah air. Dan dari hal inilah peluang usaha jahit sangat diminati oleh banyak orang. Setiap busana yang beredar dipasaran, tentunya tidak terlepas dari peran para penjahit. Mengapa demikian? Karena tidak semua aneka macam busana langsung pas ketika dikenakan. Mereka para konsumen harus menyesuaikan kembali ukuran panjang atau lebar. Perlu juga diketahui, bahwa setiap ukuran busana yang beredar dipasaran adalah ukuran umum yang ditetapkan oleh produsen dan tingkat akurasi masih harus diperbaiki lagi yaitu dengan cara melakukan vermak. Dari hal seperti ini tentunya sangat menguntungkan bagi mereka para pengusaha jahit, baik itu tukang jahit keliling ataupun taylor.

Cara memulai usaha jahit (taylor)

Untuk membuka usaha jahit (taylor) syarat utama yang harus dipenuhi adalah Anda harus memiliki keahlian dalam bidang menjahit. Apabila Anda belum bisa menjahit, Anda bisa ikut kursus menjahit. Selain harus pintar dan pandai menjahit, ada juga beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Diantaranya :

  1. Modal awal

Modal awal untuk membuka usaha jahit tentu perlu disiapkan karena diperlukan dalam membeli mesin jahit dan berbagai macam bahan dasar. Bahan dasar digunakan ketika ada pesanan membuat celana atau baju, bahan dasar juga berfungsi ketika mendapati pesanan konsumen yang busananya kurang panjang.

  1. Pilih jahit keliling atau membuka toko

Setelah point (1) Anda rasa jelas maka selanjutnya adalah Anda harus menentukan memilih menjadi penjahit keliling atau membuka toko jahit. Meskipun sama, tapi antara tukang jahit keliling dan toko sangatlah berbeda jauh. Jika Anda memilih sebagai penjahit keliling, maka disini Anda harus memiliki tenaga ekstra. Anda harus mendorong gerobak untuk menelusuri jalan sampai Anda menemukan konsumen. Selain itu Anda juga harus membawa banyak bahan perlengkapan seperti warna benang, bahan, dlsb. Hal lain tentu berbeda ketika Anda memilih membuka sebuah toko jahit. Anda tidak perlu capek-capek mendorong gerobak, dan Anda juga tidak perlu mencari konsumen layaknya tukang jahit keliling. Namun yang menjadi ekstra dalam membuka usaha toko jahit adalah Anda memerlukan modal untuk sewa ruko (toko).

  1. Tentukan harga yang terjangkau

Seprofesional apapun Anda sebagai tukang jahit namun jika harga yang Anda tentukan terlalu mahal, maka usaha jahit Anda akan sepi dari peminat. Berikanlah harga yang terjangkau bagi semua kalangan agar bisnis jahit Anda tetap berkesinambungan.

  1. Tepat waktu dalam mengerjakan pesanan

Point ini paling penting untuk menjaga pelangan-pelangan Anda agar tidak kabur dan berpindah ke penjahit lain. Biasakan Anda menetapkan penyelesaian sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan atau nafsu, apabila pesanan konsumen tidak selesai dari waktu yang Anda tentukan alhasil adalah kekecewaan yang mengakibatkan pelangan Anda kabur. – Demikian panduan informasi mengenai cara membuka usaha jahit, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #Info