kategori: | tgl: 09 Aug 2017

Panduan Membuka Usaha Warung Sembako


Bisnis7.com -  Sahabat bisnis7 dimanapun berada, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Anda pembahasan mengenai panduan bisnis membuka warung sembako. Untuk lebih jelasnya simak artikel lengkapnya dibawah ini. panduan usaha warung sembako Di indonesia, keberadaan warung sembako sedari dulu memang semakin lama semakin merammbah luas. Hal ini mungkin dikarenakan adanya sebuah peluang yang menguntungkan. Hampir semua orang pada setiap harinya membeli kebutuhan pokok di warung sembako, karena memang warung sembako adalah warung yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok  sehari-hari, seperti misalnya beras, gula, garam, minyak, sabun, dll. Selain itu harga-harga barang yang dijual pada warung sembako memang harga yang diperuntukan bagi mereka kalangan menengah kebawah. Berapa besar keuntungan yang didapat dengan membuka warung sembako? Bicara jumlah keuntungan yang bisa didapat dari berjualan sembako, memiliki nilai yang besar. Hal ini dikarenakan barang yang dijual tidak hanya terdiri dari 1 atau 2 macam saja. Para penjual sembako umumnya menentukan untung berdasarkan banyaknya modal yang sudah dikeluarkan, kemudian di kalkulasikan dari jumlah penjualan (omset). Besar nominal keuntungan yang biasanya ditetapkan oleh para pedagang sembako, tidak melebihi 30% persetiap barang yang dijual. Selagi putaran penjualan lancar, maka untung sedikit tidak masalah, itulah prinsip utama dari pedagang sembako.

Memulai usaha sembako

Untuk memulai usaha sembako sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, namun yang terpenting disini adalah bagaimana kita bisa mengetahui dan menguasai harga jual-beli pasar. Setelah Anda mengetahui serta menguasai harga jual-beli pasar, maka ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan. Diantaranya ;

  1. Modal

Setiap jenis usaha apapun pastinya memerlukan yang namanya modal. Didalam membuka warung sembako modal yang diperlukan tidaklaj sedikit, karena jika modal Anda sedikit maka Anda tidak bisa melengkapi barang-barang dagangan Anda. Namun bisnis7 merekomendasikan, bukalah warung sembako dengan modal sederhana, yang artinya jangan memaksakan modal dengan cara meminjam uang kepada bank atau rentenir sekalipun. Ketika warung sembako Anda memiliki kemajuan pesat barulah Anda melakukan perkembangan modal dan perluasan tempat.

  1. Lokasi Tempat Yang Strategis

Lokasi tempat yang strategis merupakan faktor penting dalam membuka usaha warung sembako. Tujuannya agar warung sembako Anda mudah dijangkau oleh semua orang. Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, maka tidak ada salahnya jika Anda menyewa sebuah ruko atau toko di pinggir jalan. Carilah ruko atau toko yang disewakan dengan sistem tahunan, karena ruko atau toko yang disewakan tahunan memiliki harga yang lebih murah dibanding menyewa ruko dengan sistem bulanan. Jangan lupa juga untuk Anda memastikan bahwa ruko yang disewakan memiliki lahan parkir yang cukup.

  1. Mencari pemasok Murah dan berkualitas

Yang ketiga adalah Anda harus mencari agen atau pemasok barang murah. Hal ini bertujuan agar untung yang Anda peroleh lebih besar.

  1. Tentukan harga jual yang terjangkau

Harga jual yang terjangkau sangat menjadi faktor penentu usaha warung sembako Anda. Ingat pesaing unggulan seperti minimarket, jangan sampai harga yang Anda tentukan terlampau tinggi.

  1. Desain layout warung sembako

Yang terakhir ini adalah tips khusus yang direkomendasikan bisnis7, penting atau tidak penting, sadar atau tidak sadar bahwa yang membuat nyaman pembeli adalah tata letak atau desain ruangan. Jadi sulaplah warung sembako Anda layaknya minimarket. —



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #Info