kategori: | tgl: 27 Jul 2017

Peluang Bisnis Jual Beli Motor Bekas


Bisnis7.com - Peluang bisnis jual beli motor bekas┬ásejak dahulu marak sekali di Indonesia. Tidak heran, karena daya minat beli masyarakat akan kendaraan roda dua ini semakin terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini juga membuat para produsen motor mempebanyak produksi setiap tahunnya. Sepeda motor memang merupakan alat berkendara yang paling praktis digunakan apalagi disaat waktu macet, tidak mungkin bila memaksakan harus mnggunakan mobil. Alhasil perjalanan bukan sampai tepat waktu, tetapi yang ada telat. Alasan seperti ini memang menjadi faktor kuat, bahwa kebutuhan akan sepeda motor makin terus meningkat dan menjadikan peluang bagi para pelaku bisnis. [caption id=“attachment_992” align=“aligncenter” width=“570”]peluang bisnis jual beli motor bekas Transaksi jual beli motor bekas[/caption] Usaha jual beli motor bekas adalah peluang yang sangat cemerlang bagi siapapun yang ingin menjalankannya, keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini pun sangat terbilang lumayan besar. Dari setiap transaksi penjualan para pelaku bisnis motor biasanya mendapat keuntungan mencapai hingga 30% dari setiap unitnya. Jika kita berandai bahwa untung 30% dari harga jual sebesar 5 juta, maka keuntungan yang didapat adalah Rp 1.500.000 dengan modal awal sebesar Rp 3.500.000. Itu dari satu unit motor, namun bagaimana jika dihitung dari jumlah 10 unit motor yang terjual? Maka berarti jumlah keuntungannya adalah sebanyak 11.500.000. Dari perhitungan sederhana diatas tentunya kita sangat tertarik dengan bisnis ini, namun tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena didalam sebuah bisnis tidak ada yang tidak menggunakan logika, bisnis butuh logika agar terus dan tetap berkembang.

Langkah-Langkah dan Strategi bisnis jual beli motor bekas

Mendapatkan keuntungan yang bisa kita peroleh dari bisnis jual beli motor adalah tidak semudah apa yang sudah kita teorikan diatas, perlu strategi didalamnya agar bisnis ini sesuai dengan apa yang kita rencanakan. Apa saja strategi yang harus diterapkan? Berikut dibawah ini skema penjelasannya.

  1. Wawasan dan tingkat pergaulan yang luas diperlukan

Mengapa diperlukan? Karena jika Anda hanya memikirkan untung tetapi Anda tidak memiliki wawasan serta pergaulan yg luas maka bisnis usaha Anda sangat tipis akan peluang. Harap perhatikan! : Bisnis jual beli motor bekas tentu beda dengan bisnis dealer, bisnis jual motor bekas lebih mengutamakan orang-orang terdekat, kerabat, atau rekan-rekan. Karena dimulai dari sinilah penjualan motor bisa terjadi, meyakinkan pembeli terhadap motor yang masuk dalam kategori bekas tidak mudah. Maka dari itu tingkat wawasan dan pergaulan diperlukam disini.

  1. Modal awal yang mendukung

Modal awal sudah pasti diperlukan dalam memulai usaha, tapi modal yang kita maksudkan disini adalah modal yang mendukung. Modal yang mendukung adalah modal yang dipergunakan tanpa menganggu kebutuhan hidup sehari-hari. Namun apabila Anda menjalankan usaha tapi dengan keadaan modal yang terpaksa dipastikan Anda akan sulit dalam melakukan setiap aktifitas didalmnya. Dalam bisnis jual beli motor bekas, pastinya ada saja pengeluaran modal tambahan seperti mengantikan oli, perawatan ringan, dan lain-lainnya.

  1. Lokasi Usaha Strategis

Tepat dalam menentukan lokasi yang strategis juga termasuk dalam strategi yang harus diterapkan. Alangkah baiknya jika Anda ingin memulai bisnis jual beli motor bekas maka carilah tempat yang tidak terlalu luas namun cukup ruang untuk menyimpan motor-motor yg Anda jual.

  1. Targetkan pemasaran dan untung yang tidak terlalu tinggi

Mentargetkan pemasaran dalam sebuah bisnis adalah hal yang wajar. Namun bila menentukan untung yang terlalu tinggi dan besar maka hal tersebut tidak lah sangat dianjurkan. Tentukan untung yang wajar namun tetap stagnan. Anda bisa memanfaatkan strategi pemasaran online, dengan cara memasang iklan diberbagai marketplace seperti situs online Olx. —-



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #Info #usaha jual beli