kategori: | tgl: 28 Jul 2017

Semua Hal Yang Anda Butuhkan Untuk Usaha Warnet


1. Komputer

Warnet tentu saja memerlukan komputer, namun tidak sembarang komputer.

Anda perlu menyediakan komputer dengan spesifikasi yang cukup untuk memainkan game-game online dengan kartu grafis (VGA card) yang cukup baik.

Mengapa komputer gaming? Jaman sekarang, warnet yang hanya digunakan untuk browsing sudah sangat jarang ada, karena perkembangan jaman membuat alat untuk mengakses internet (gadget seperti hape, tablet, dll) menjadi kian murah dan mudah didapatkan.

Warnet yang ditujukan untuk browsing internet biasanya hanya ada di business center, itupun jumlahnya tidak banyak.

Jadi segmen yang dapat anda bidik untuk bisnis warnet adalah warnet untuk gaming dimana peminatnya masih membludak.

Memilih spesifikasi komputer gaming untuk warnet tidak terlalu sulit, anda hanya perlu memastikan bahwa komputer yang anda beli dapat dipakai untuk memainkan game-game online setidaknya untuk 5-7 tahun kedepan.

Untungnya, tidak seperti game kelas atas yang membutuhkan kartu grafis yang mahal, game online tidak terlalu menuntut penggunaan kartu grafis yang terlalu ‘wah’.

Anda jadi dapat lebih fokus ke pemilihan motherboard dan prosesor.

Beli jadi apa rakit sendiri?

Merakit komputer desktop merupakan hal yang cukup mudah, anda dapat mempelajarinya lewat video youtube yang mungkin dapat anda kuasai dalam waktu 1-2 jam saja.

Pilih AMD apa Intel?

Untuk kemampuan gaming yang baik, kedua prosesor tersebut dapat diandalkan, namun untuk budget yang terbatas anda boleh memilih prosesor AMD yang harganya lebih murah, selama prosesor tersebut terbilang cukup mumpuni untuk menunjang kebutuhan gaming dalam kurun waktu 5-7 tahun ke depan.

Bagaimana baiknya memilih motherboard untuk komputer warnet?

Pilih yang pakai solid capacitor dan pastikan garansi resmi dari motherboard itu sendiri.

Pakai sistem operasi apa ya baiknya? Bajakan boleh?

Windows sudah terkenal sebagai sistem operasi untuk gaming, tidak ada pilihan lain sepertinya. Anda harus pakai lisensi asli, jangan memakai Windows bajakan untuk bisnis warnet anda karena hal tersebut akan beresiko tinggi. Windows asli akan mendapatkan update secara rutin dari Microsoft sehingga anda dapat lebih tenang dari sisi keamanan, selain itu juga anda pasti akan bersyukur jika seandainya terjadi razia sistem operasi oleh pihak berwajib. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah untuk Windows original, anda dapat mencari vendor yang khusus menjual untuk instansi atau bisnis. Saat ini bahkan anda dapat menemukan penjual lisensi Windows retail yang mematok harga sangat miring.

Software Billing

Hal yang tidak kalah penting dalam bisnis warnet adalah software billing yang mumpuni. Jangan sampai software billing anda dapat dengan mudah dikelabui oleh software seperti cheat engine yang dapat digunakan oleh pengunjung yang curang.

2. ISP (Internet Service Provider) / Penyedia Jasa Internet

Namanya juga warnet, kalo ga ada internetnya namanya rental komputer biasa.

Disini anda harus benar-benar selektif karena internet merupakan faktor penting bagi kelangsungan bisnis warnet.

Jika penyedia jasa internet anda bermasalah, bisnis anda otomatis juga akan bermasalah. Apa saja masalah yang biasanya timbul menyangkut ISP? Lemot atau bahkan down.

Jadi pastikan anda memilih ISP yang benar-benar handal dan tentu saja harus sesuai dengan budget bisnis warnet anda.

Pilih yang dedicated apa yang shared?

Banyak warnet saat ini sudah cukup menggunakan koneksi internet shared. Harga koneksi internet dedicated masih sangat tinggi dan sepertinya tidak cocok hitungan untuk digunakan dalam bisnis warnet.

3. Router

Untuk membagi koneksi internet secara merata ke semua komputer di warnet, anda perlu management bandwith yang baik.

Hal ini dapat dilakukan dengan router.

Biasanya pengusaha warnet menggunakan router mikrotik karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan kompetitornya dan fiturnya yang tak kalah canggih untuk mengatur jaringan serta koneksi internet anda.

Nah masalahnya anda harus mengerti cara mengatur jaringan di warnet anda, atau anda harus menyewa seorang yang mengerti setting jaringan untuk warnet anda.

Akan lebih baik apabila anda mengerti cara setting jaringan pada warnet anda, karena selain menghemat biaya, anda juga dapat mengatasi masalah jaringan apabila sewaktu-waktu terjadi.

4. Meja Komputer Dan Tempat Duduk

Untuk kenyamanan pengunjung warnet anda, pastikan anda memperlengkapi warnet anda dengan meja komputer dan tempat duduk yang nyaman.

Karena hal ini berkaitan langsung dengan omzet bisnis warnet anda.

Sudah seringkali saya melihat warnet-warnet lesehan yang gulung tikar akibat kalah saing dengan warnet yang dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman.

Anda tentu tidak mau mengikuti jejak warnet gagal ini, walaupun memang tidak semua warnet lesehan pasti gagal namun persentasinya saya rasa cukup banyak. Lagipula warnet lesehan cenderung memiliki target pengunjung yang lebih rendah.

5. Pendingin Ruangan

Komputer gaming biasanya menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan komputer untuk kebutuhan yang lebih ringan seperti browsing dan mengetik. 

Ada baiknya jika anda menggunakan pendingin ruangan, selain untuk kenyamanan para pengunjung warnet, asset anda yang berupa komputer juga akan menjadi lebih awet karena suhu operasional yang lebih rendah.

Tentu saja penggunaan pendingin ruangan memerlukan aturan seperti larangan merokok di dalam ruangan dan menambahkan biaya pembersihan AC.

Namun jika dilihat dalam jangka panjang, akan lebih menguntungkan dibandingkan jika anda harus mengganti banyak hardware komputer.



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #usaha #peluang usaha #peluang bisnis #usaha warnet #bisnis warnet #peluang usaha warnet #analisa bisnis #ulasan bisnis