11 Jul 2017

Strategi Bisnis Online


Bisnis7.com - Menerapkan strategi bisnis online merupakan peran penting didalam mengembangkan sebuah jenis usaha yang dijalankan secara online. Apalagi mengingat perkembangan bisnis online saat ini sudah sangat terbilang ramai tingkat pesaingnya. Strategi apa yang perlu diterapkan ? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Bisnis online atau dunia pasar online kini memang sudah sangat mempengaruhi dunia pasar offline pada umumnya. Meskipun demikian ini semua tidak terlepas dari yang namanya sebuah ide-ide dan strategi yang sudah dipraktekan oleh para pelaku bisnis online. Dan yang perlu diperhatikan pertama dalam menerapkan sebuah strategi usaha online yaitu adalah kita harus melihat berbagai macam hal dibawah ini yang paling berpengaruh dalam membuat suksesnya sebuah bisnis online, diantaranya :

1. Metode pemasaran yang digunakan

Bicara bisnis online, berarti kita semestinya sudah banyak mengenal berbagai macam jaringan media online seperti misalnya sosial media, online store, dan market place. Dalam menunjang sebuah kesuksesan menjalankan bisnis secara online, setidaknya para pelaku bisnis harus memiliki beberapa metode pemasaran yang tepat. Untuk detail lengkap mengenai metode pemasaran online silahkan baca artikel terkait dibawah ini : Metode pemasaran yang harus diterapkan untuk mengembangkan bisnis online.

2. Jenis usaha yang dipasarkan secara online

Tidak ada batasan dalam menentukan jenis usaha apa yang pantas dipasarkan secara online, selagi Anda bisa mengurus masalah layanan dan pengiriman barang maka jenis usaha yang dijalankan akan menjadi sah-sah saja. Namun tetap kita sebagai pelaku bisnis harus mentaati peraturan yang sudah ditetapkan undang-undang. Dalam pasar online, hampir setiap jenis usaha dari berbagai macam merk dagang tersedia. Dan untuk mampu bersaing ditengah padatnya pesaing, maka yang perlu diperhatikan adalah bentuk atau jenis usaha yang Anda jalankan itu sendiri. Jika kita beranggapan bahwa setiap jenis usaha dapat mengalami putaran penjualan yang sangat cepat, maka Anda salah besar. Bahwasanya kita ketahui jika setiap barang atau jasa yang dipasarkan secara online akan memiliki putaran penjualan yang cepat apabila jenis barang atau jasa yang dipasarkan secara online termasuk dalam bahan-bahan kebutuhan sehari-hari (bahan pokok). Contoh kecilnya seperti ini, jika Anda membuka online store yang menjual berbagai macam fashion lalu Anda bandingkan dengan jika Anda membuka online store perlengkapan memasak, tentunya ini akan memiliki perbedaan yang signifikan. Dilihat dari perkembangan dunia pasar online saat ini, fashion sudah hampir menjadi kebutuhan pokok yang harus selalu update, maka jangan heran apabila online store fashion lebih sering mengalami putaran penjualan dibandingkan dengan online store peralatan memasak.

3. Layanan Customer Online

Sesuai data yang telah bisnis7.com rangkum bahwa dari sekian banyak online store yang tersebar di Indonesia, hampir seluruhnya memiliki yang namanya “layanan customer online”. Sadar atau tidak sadar bahwa yang namanya layanan customer online bisa mempengaruhi suksesnya sebuah bisnis online. Mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan bahwa dengan adanya layanan customer online, maka setiap pengunjung dapat terbantu misalnya dalam perihal menanyakan suatu status barang tersedia atau tidak. Yang perlu diketahui oleh para pelaku bisnis online mengenai Layanan customer online adalah peran penting didalamnya. Seorang yang Anda tugaskan memegang bagian customer online pastikan seorang itu memiliki nilai ketanggapan yang cerdas, karena jiwa atau karakteristik setiap pengunjung online store itu berbeda-beda. Setelah membahas tiga poin diatas yang dapat mempengaruhi suksesnya bisnis online, maka setidaknya Anda tahu bahwa banyak hal yang perlu dikoreksi lagi dalam membangun sebuah bisnis online. Lalu apa lagi yang harus Anda ketahui mengenai strategi bisnis online ? Dibawah ini merupakan beberapa strategi yang bisa Anda terapkan dalam menunjang kesuksesan suatu bisnis online :

  1. Melakukan riset data terkait perkembangan suatu kebutuhan pasar
  2. Melakukan study banding harga dengan beberapa online store pesaing
  3. Memberikan fitur atau fasilitas seperti menyediakan sebuah aplikasi yang memudahkan pengunjung melakukan berbagai macam transaksi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait strategi dalam sebuah bisnis online. Nantikan informasi menarik lainnya seputar Pangsa pasar sebuah bisnis, target market, strategi bisnis, tentunya hanya di bisnis7.com



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #cara bisnis online #strategi bisnis online #tips