10 May 2019

Berapa Potensi Penghasilan Dari YouTube Yang Bisa Kamu Dapatkan?

Buat kamu sekalian yang ingin baru ingin mencoba untuk menjadi seorang pembuat konten video untuk YouTube, pasti pernah bertanya-tanya tentang berapa penghasilan yang bisa didapatkan lewat YouTube.

Pertanyaan tersebut seolah-olah menjadi sebuah pertanyaan umum yang tidak mudah untuk ditemukan jawabannya. Kenapa bisa begitu? Jawabannya karena besarnya penghasilan dari YouTube tergantung oleh beberapa faktor.

Faktor yang menentukan penghasilan seseorang dari YouTube ada banyak dan tidak tergantung hanya dari jumlah view video dan jumlah klik pada iklan yang tampil pada video YouTube saja, tetapi juga dipengaruhi oleh negara asal penonton video, topik video yang kamu buat dan harga iklan yang muncul pada video kamu.

Apabila dijelaskan sekaligus semua faktor tersebut mungkin artikel ini akan menjadi panjang lebar dan tidak menarik, untuk itu saya akan fokus menjelaskan mengenai rata-rata penghasilan yang bisa kamu dapetin lewat YouTube.

Rata-Rata Penghasilan Dari YouTube Di Indonesia

Ada banyak orang yang beranggapan bahwa penghasilan kasar dari YouTube itu sekitar 1 USD per 1000 view, tetapi sebenarnya angka ini nggak akurat lho sobat bisnis. Karena kalo kamu bikin satu video yang tidak menghasilkan klik dari penontonnya, terus juga video yang kamu bikin itu nggak relevan dengan iklan yang tayang, bisa jadi penghasilan kamu lewat video itu lebih rendah dari 1 USD per 1000 view.

Sebagian besar Youtuber Indonesia biasanya bahkan hanya mendapatkan penghasilan yang kurang dari 1 USD per 1000 views.

Rata-rata penghasilan per 1000 view yang didapatkan oleh YouTuber di Indonesia biasanya hanya berkisar di angka 0.3 hingga 0.8 USD atau jika dirata-ratakan maka uang yang bisa dihasilkan dari setiap 1000 views pada sebuah video YouTube di Indonesia hanya mendapatkan 0.55 USD (sekitar Rp 7 ribuan per 1000 view, sedih ya).

Dengan angka rata-rata 0.55 USD per 1000 view tadi, jika video yang kamu upload mendapatkan view sebanyak 1 juta kali, maka potensi pendapatannya setidaknya adalah 550 USD atau sekitar Rp 7 jutaan. Hehe agak mengenaskan ya? Tenang aja, nggak selalu seperti ini kok sobat bisnis. Angka ini hanyalah perkiraan saja, pendapatan aktual kamu bisa saja lebih besar kalo rate iklan di video kamu lebih mahal (faktor harga iklan per 1000 view).

Jadi jangan heran kalau view video kalian sudah mencapai puluhan ribu, tapi penghasilan dari video tersebut masih di angka belasan dollar atau bahkan dibawah 10 dollar. Hal ini dikarenakan iklan YouTube di Indonesia memiliki bayaran tarif iklan per 1000 view (CPM) yang rendah apabila dibandingkan dengan negara maju seperti Amerika Serikat yang tarif iklan per 1000 view-nya bisa mulai dari 1 sampai 7 USD.

Beginilah Cara Menghitung Penghasilan YouTube per 1000 view

Dari informasi yang telah saya jelaskan diatas, sekarang kamu bisa menghitung kira-kira berapa tarif iklan per 1000 view untuk setiap video kalian.

Gimana cara mengecek penghasilan untuk tiap video? Kamu bisa cek data penghasilan video kalian di Creator Studio > Analytics > Ad Rates. Kalian bisa lihat sendiri data-data seperti YouTube ad revenue, Estimated monetized playbacks, Playback based CPM dan data CPM.

Masalahnya data CPM yang tertera di dashboard Creator Studio kita itu menunjukkan pendapatan per 1000 view iklan ditayangkan dan bukan pendapatan per 1000 view video kita ditayangkan. Kalo kamu ingin tau berapa penghasilan video YouTube per 1000 view, caranya gunakanlah rumus di bawah ini:

(Estimated Revenue / Jumlah Views) * 1000

Jadi misalkan data dashboard YouTube kamu seperti ini:

Estimated Revenue: 500 USD

Views: 750,000

Maka perhitungannya adalah (500/750000)*1000

Hasilnya: 0,67 <- ini adalah penghasilan real yang kamu dapatkan dari YouTube per 1000 view video

Contoh menghitung penghasilan YouTube: misalkan kamu membuat 1 video dengan nilai per 1000 view tayang 0.67 USD seperti diatas dan kamu mendapatkan 1 juta view untuk video tersebut, maka kamu akan mendapatkan 0.67 USD x (1.000.000 view/1.000) = 670 USD.

Silahkan kalian coba rumus diatas dengan menggunakan data video kalian masing-masing.

Ok, Sekarang kita udah tau cara hitung penghasilan dari YouTube, terus gimana caranya supaya penghasilan dari video YouTube bisa tinggi?

Cara Meningkatkan Penghasilan YouTube

Intinya ada 2 cara untuk meningkatkan penghasilan YouTube yaitu dengan meningkatkan jumlah view video/iklan, kedua adalah dengan menargetkan konten dengan iklan yang bayarannya tinggi (misalnya dengan membuat konten berbahasa Inggris untuk menargetkan pengunjung dari luar negeri).

Untuk meningkatkan jumlah view video, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

1. Buat Video Dengan Topik Yang Sedang Trend

Kalo kalian ingin punya penghasilan per 1000 view yang tinggi untuk video yang kalian upload, maka kalian harus membuat video yang membahas topik yang sedang tren saat ini agar video kamu mendapatkan peluang untuk masuk ke daftar video trending YouTube.

Pada saat video kalian masuk ke dalam daftar video trending YouTube, maka tidak akan diragukan lagi jumlah view video kamu akan naik drastis.

2. Buat Video Dengan Topik Yang Populer (Banyak Dicari Orang)

Kamu juga bisa memilih untuk membuat video dengan topik channel YouTube yang disukai banyak orang, supaya video yang kamu buat lebih spesifik dan tertarget kepada satu kategori sehingga mempermudah pengiklan dalam menentukan dimana mereka harus menampilkan iklannya. Selain itu juga masyarakat juga lebih mudah menemukan video yang kalian buat, sehingga jumlah view video kalian juga bisa lebih mudah ditingkatkan.

3. Upload Video Sebanyak Mungkin

Ada juga diantara kalian yang menanyakan bagaimana agar setidaknya bisa mendapatkan 1.000.000 views dalam 1 bulan ? jika hanya dengan 1 video saja , mungkin angkat 1 juta views adalah hal yang berat , buatlah 5 video berkualitas sehingga jika 1 video mendapatkan 200,000 views maka target kalian untuk mendapat 1 juta views per bulan akan terasa ringan bukan ? dengan begitu penghasilan YouTube per bulan bisa kalian miliki secara rutin .




Tagar: #tutorial youtube #panduan youtube #penghasilan youtube #cari uang dari youtube #uang dari youtube #cara mendapatkan uang dari youtube