kategori: | tgl: 16 Jun 2019


Supaya video youtube kamu punya banyak viewer, kamu harus tau cara optimasi video youtube. Optimasi ini dilakukan supaya ketika orang mencari topik video, maka video kamu yang akan muncul di urutan teratas. Orang-orang biasa menyebut optimasi ini dengan sebutan SEO (Search Engine Optimization).

Lho, bukannya Search Engine Optimization itu cuma untuk blog atau website aja ya? Tidak, video pun bisa dioptimalkan di search engine, karena pada dasarnya youtube sendiri merupakan search engine video terbesar kedua setelah Google.

Nah sekarang gimana cara untuk optimasi video di youtube? Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan SEO di youtube? Kali ini kita akan mengupas dengan detail hal-hal tips dan trik SEO youtube agar video kamu bisa masuk trending videos dan muncul di hasil pencarian teratas baik di Google maupun di hasil pencarian youtube.

Tentukan Genre Video, Masukkan Kata Kunci Populer

Agar lebih mudah ditemukan, kamu terlebih dulu harus menentukan genre video kamu. Ada setidaknya 7 genre populer yang biasanya dicari orang di internet, antara lain:

  1. review
  2. tutorial (masak, komputer, programming, dll)
  3. video lucu, prank
  4. eksperimen
  5. berita/event
  6. proses pembuatan (how its made)
  7. cover lagu

Setelah menentukan genre apa yang ingin kamu buat, kemudian kamu dapat menggabungkan keyword (kata kunci) yang populer untuk judul video kamu, jangan lupa juga untuk membuat judul video yang menarik. Contohnya: “Review Xiaomi Redmi K20 Pro, Harga 5 jutaan Setara Hape 15 jutaan”

Keyword atau kata kunci pada video yotube sangat berpengaruh terhadap peringkat video youtube di hasil pencarian. Kamu harus pintar-pintar memasukkan keyword pada judul, deskripsi dan tag agar video kalian bisa muncul teratas pada hasil pencarian Google search atau youtube search.

Secara sederhana, sesuatu yang lagi trend dapat kamu masukkan sebagai keyword untuk video kamu. Namun ada pula kata kunci yang memang umum dipakai untuk SEO youtube, seperti: “review, tutorial, prank, cover, dll”.

Usahakan Supaya Video Kamu Memiliki Kriteria Di Bawah Ini

Selain optimasi pada judul, deskripsi dan tag video kamu, youtube juga memiliki algoritma yang akan menentukan bisa atau tidaknya video kamu menjadi populer atau trending. Algoritma ini juga yang akan menentukan posisi video kamu di hasil pencarian youtube search.

Supaya channel kamu punya banyak viewer, tentu saja kamu harus mengikuti kriteria yang disukai oleh algoritma youtube ini. Nah, apa aja sih kriteria video yang baik menurut algoritma youtube? Simak ulasannya di bawah ini:

Video Ditonton Dengan Durasi Yang Lama

Video dengan durasi tayang yang lama akan dinilai oleh youtube sebagai video yang berkualitas. Jika video kalian berdurasi 10 menit, dan rata-rata durasi tayangan diatas 5 menit maka video kalian dianggap menarik dan ini bagus efeknya untuk SEO youtube kalian.

Kamu bisa lihat rata-rata durasi tayang di dashboard analytics channel youtube kamu.

Banyak Yang Comment

Hal lain yang dinilai dari video kamu adalah jumlah komentar pada video kalian. Semakin banyak video kalian dikomentari, maka video kalian akan dinilai menarik dan berpotensi untuk masuk ke dalam Trending Video youtube karena banyak yang ngomongin.

Banyak Yang Share

Semakin banyak orang yang menshare video kamu, youtube akan menilai bahwa video kamu itu menarik dan punya potensi untuk dijadikan Trending Video. Setelah kamu upload video, biasakan untuk share video tersebut ke akun-akun sosial media kamu dan minta untuk teman, kerabat dan kenalan untuk share, subscribe, komentar maupun like.

Banyak Yang Subscribe

Semakin banyak orang yang subscribe channel kamu, algoritma youtube akan menilai bahwa channel kamu memiliki kualitas baik. Karena tidak mudah untuk mendapatkan subscriber, apabila kamu berhasil mendapatkan jumlah subscriber yang signifikan, algoritma youtube akan menganggap bahwa channel kamu itu penting dan disukai.

Banyak Yang Like

Ini rasanya nggak perlu dijelaskan lagi ya, semakin banyak video kamu disukai, maka algoritma youtube juga akan secara otomatis mempertimbangkan video tersebut sebagai trending video.

Penting: Sering-seringlah Upload Video

Selain kriteria-kriteria yang telah dijabarkan diatas, algoritma youtube juga mempertimbangkan seberapa rutin kamu mengupload video. Semakin sering kamu upload video, maka kemungkinan untuk channel kamu mendapatkan lebih banyak views akan lebih besar dibandingkan dengan channel yang jarang mengupload video.

Upload Video Dengan Teknik SEO YouTube

Untuk dapetin posisi teratas di hasil cari youtube, kamu harus perhatikan poin-poin di bawah ini pada saat kamu upload video.

Judul Video

Pastiin judul video yang kalian buat jangan terlalu panjang dan harus mengandung kata kunci yang kalian inginkan. Kalo judul video kepanjangan, nanti akan sulit muncul di hasil pencarian, lagipula ada kemungkinan judulnya akan terpotong dan membuat video kalian terkesan tidak menarik.

Penempatan kata kunci boleh bebas, pada awal maupun akhir judul video. Tapi yang lebih penting adalah membuat judul video yang menarik. Kalo kalian sedang bikin video tentang “cara menurunkan berat badan”, maka buatlan judul seperti “Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dalam Setahun Pakai Sendok”. Orang akan penasaran dan mengklik video tersebut, tapi kamu juga harus membuat konten yang isinya nyambung dengan judulnya ya, jangan cuma clickbait.

Deskripsi Video

Deskripsi video harus ditulis dengan baik dan dimanfaatkan semaksimal mungkin kalo kamu mau video kamu muncul pula di hasil pencarian Google. Karena tidak seperti mesin pencari youtube, mesin pencari Google hanya bisa meng-index tulisan. Jadi kesempatan kamu supaya video youtube bisa dapet peringkat 1 di hasil pencarian Google adalah dengan mengisi deskripsi video.

Berikut ini adalah panduan untuk menulis deskripsi video youtube:

Tag

Pas lagi unggah video, kamu bisa tambahin tag yang sesuai dengan isi video. Masukin minimal 5 keyword yang berkaitan dengan video tersebut.

Gunanya tag ini supaya pengunjung youtube bisa tau jenis video ini apa, jadi youtube juga bisa nawarin pengunjung untuk liat video yang berkaitan dengan lebih akurat pada para pengunjungnya.

Cara Meningkatkan Jumlah Views Video Youtube

Abis ngupload video, kalian nggak bakalan langsung dapetin jumlah views yang banyak (jangan ngarep, haha). Supaya kamu bisa langsung dapetin viewer sebenernya ada cara gampangnya, langsung aja cekidot:

Sekian sudah penjelasan saya untuk optimasi video youtube dan cara buat video youtube jadi trending video, viral dan SEO friendly. Semoga teknik SEO youtube ini bisa bikin kelen semua jadi lebih jago mendulang dolar dari youtube ya guys. Ayo kita berkarya, dapetin dollar sebanyak2nya dari gugel :D



Artikel Yang Berkaitan


Tagar: #trending video #cara buat trending video #seo youtube #cara seo youtube #teknik seo youtube #trik youtube #tutorial youtube #panduan youtube #cara mendapatkan uang dari youtube